Senin, 02 Juli 2012


Bagaimana Menuju Bintan dari Batam Jika Harus Menyeberang Bersama Kendaraan Pribadi?


Jika suatu ketika anda berada di Batam lalu tiba-tiba harus ke Bintan. Sudahkah anda mengetahui bagaimana menuju Bintan ataupun sebaliknya dari Bintan menuju Batam? Apalagi harus membawa kendaraan (mobil/motor) pribadi, adakah transportasinya?



Bagi warga asli ataupun penduduk yg telah menetap bertahun-tahun di Batam saja, pertanyaan ini tidak selalu mudah utk dijawab. Lalu bagaimana dengan penduduk baru, terlebih yg tdk punya karib kerabat di Batam.

Hmmm... 

Hampir dapat dipastikan, akan merasa kebingungan.

Tenang, jika anda mampir ke blog ini, maka otomatis anda telah temukan solusinya. Silahkan anda simak uraian singkat berikut.

Untuk penyebrangan Batam menuju Bintan ada 2 alternatif:
  1. Pelabuhan Tanjung Punggur

    Di Pelabuhan Tanjung Punggur, anda hanya dapat menyebrang orang per orang, tanpa membawa kendaraan, karena sarana penyebrangan yg tersedia hanyalah Ferry. Ferry tdk dapat memuat kendaraan (seperti motor/mobil). 

    Sesampai di Pelabuhan anda langsung saja menuju loket tiket. Sebagian besar loket hanya menyediakan tiket menuju Tanjung Pinang, tetapi jangan cemas, tetap ada loket yang menyediakan tiket menuju Bintan. Jangan lupa sebutkan sebutkan tujuan anda adalah Pelabuhan Tanjung Uban/Bintan. 

    Anda akan dikenai biaya tiket sebesar Rp 30.000,- / orang dan di pintu masuk menuju Ferry akan ada pungutan (entah Adm entah Pajak), nominalnya Rp 5.000,- , tp anda akan diwajibkan membayar Rp 7.000,-, tidak tahu peraturan darimana tambahan Rp 2.000,- . Selanjutnya anda tinggal menunggu Ferry berangkat. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 20 menit.

  2. Pelabuhan Roro ASDP Punggur
    Pelabuhan ini letaknya berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Punggur. Di pelabuhan ini anda dapat menyebrang bersama kendaraan anda, baik itu motor, mobil, bahkan Fuso sekalipun dapat diseberangkan. 

    Pelabuhan ini menyediakan kapal sebagai sarana penyebrangan. Ada 6 jadwal keberangkatan dari Batam menuju Bintan yaitu: 08.00, 10.00, 12.00, 14.00, 16.00 & 17.00. Sedangkan jika dari Bintan menuju Batam jadwalnya adalah: 07.00, 09.00, 11.00, 13.00, 15.00 & 17.00 Perjalanan memakan waktu 50 -70 menit. 

    Anda akan dikenakan biaya Rp 14.500,-/org & Rp 24.000,-/motor. Untuk rincian lain anda dapat datang langsung dan bertanya kepada petugas Pelabuhan Roro ASDP.

Sekian dulu informasinya. Jika ada pertanyaan dan komentar anda dapat menyampaikan melalui kolom comment. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. wah sampe seumur hidupku ini belum pernah kok keluar dari pulau jawa ha ha...

    semoga suatu saat nanti langsung bisa menuju Baitullah :)

    BalasHapus
  2. Amin,,amin,,amin ya Rabbal 'alamiin.

    (newbie, mohon bimbingannya, hihiihihi)

    BalasHapus

Sebelum beranjak dari halaman ini, jangan lupa sisipkan masukan & komen anda ya...

Sumber : http://kolombloggratis.blogspot.com/2011/03/tips-cara-supaya-artikel-blog-tidak.html#ixzz20I7CgMLS